<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH"^^ . "Kajian mengenai keteladan terhadap sosok muh}ammad merupakan sebuah\r\nkajian klasik yang masih berlanjut hingga sekarang. Banyak individu maupun\r\nkelompok yang berusaha menjadi no satu sebagai seorang pembela sunna-sunna\r\nNabi SAW., dan tidak jarang mereka mengkafirkan sesamanya hanya karena\r\ntidak melaksanakan sunna sebagaimana yang mereka fahami. Menurut Yusu>f al-\r\nQard}awi>, umat Islam dapat dikategorikan dalam dua kelompok; pertama, mereka\r\nyang berusaha mengaplikasikan sebuah hal yang datang dari Nabi, yakni\r\nmemahami hadith sebagaimana makna literalnya., kedua, mereka yang tidak\r\nmemahami hadith sebagaimana makna literalnya, khususnya yang berkaitan\r\ndengan urusan politik, muamalah dan lain sebagainya. Al-Qara>fi> merupakan\r\nseorang ulama klasik yang berusaha menengahi perdebatan antar keduanya,\r\ndimana, beliau memilah-milah posisi Nabi Muh}ammad, dimana, menurutnya\r\npengkategorian tersebut memiliki pengaruh dalam memakanai sebuah hadith.\r\nDengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti, seberapa jauh al-\r\nQara>fi> mengelaborasi kepribadian Muh}ammad dan seberapa besar pengaruh\r\npemilahan posisi Nabi dalam memaknai h}adith.\r\nPenelitian ini merupakan sebuah penelitian yang bersifat “library\r\nresearch” yang menggunakan metode deskriptif-interpretatif. Dan menggunakan\r\npendekatan historis-sosiologis, pendekatan ini diharapkan mampu mengetahui\r\nsejauh mana pengaruh yang diterima oleh al-Qara>fi>, khususnya pemikirannya\r\ntentang seorang figur Muh}ammad (hadith).\r\nDalam bukunya, al-Ih}ka>m, al-Furu>q dan Sharh} Tanqi>h al-Fus}u>l al-Qara>fi>\r\nmembagi posisi Muh}ammad kedalam 3 kategori, yaitu : pertama, Muh}ammad\r\nsebagai seorang Mufti>. Menurutnya, jika h}adith yang muncul dalam kapasitas\r\n(posisi) Muh}ammad sebagai seorang Mufti>, maka umat muslim harus mengikuti\r\najaran tersebut. Karena ajarannya merupakan ajaran yang bersifat universal.\r\nH{adith-h}adith yang termasuk dalam kategori ini, adalah : S{alawa>t, Zaka>t, al-\r\n‘Uqu>d, al-Biya>‘a>t, al-Hiba>t, Iqa>mati al-Mana>sik, and etc. Menurut al-Qara>fi>,\r\nposisi Nabi sebagai seorang mufti> mempunyai ciri khusus, yaitu berisi tentang\r\nh}adith-h}adith perintah atau amalan (al-Iba>da al-mah}d}a>). Kedua, posisi Nabi\r\nsebagai seorang pemimipin (Ima>m). Jika h}adith muncul dalam posisi Nabi\r\nsebagai seorang pemimpin, maka hadith tersebut tidak bisa diamalkan tanpa ada\r\nizin dari sang ima>m (pemimpin). H{adith-h}adith yang termasuk dalam kategori\r\nini, adalah : Qismati al-Gona>’im, Tafriqi Amwa>li Bait al-Ma>l, Iqa>mat al-H{udud,\r\nTarti>b al-Juyu>sy, Qita>l al-Bugo>h, Tauzi‘I al-Iqt}a>‘A wa al-Ma‘a>din,\r\nand etc. Ketiga, Nabi sebagai seorang h}akim. Jika h}adith muncul dalam posisi\r\nNabi sebagai seorang h}akim, maka h}adith tersebut tidak bisa diamalkan dalam\r\nkehidupan sehari-hari tanpa ada persetujuan dari sang h}akim. H{adith-h}adith yang\r\ntermasuk dalam kategori ini, adalah : ’Ilza>mu ’Ada>’u al-Duyu>n, Tasli>m al-Sila>‘,\r\nNaqdi al-’A’Imma>ni, Faskhi al-’ankih}ah, and etc. Dari pembagian posisi Nabi\r\nMuh}ammad yang dilakukan oleh al-Qara>fi>, tampak beliau ingin menegaskan\r\nbahwa ajaran Islam ada yang bersifat universal, temporal dan lokalistik."^^ . "2011-11-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07530070"^^ . "Imam Shafi’i"^^ . "NIM.: 07530070 Imam Shafi’i"^^ . . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Text)"^^ . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Al-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58449 \n\nAl-QARAFI’S THOUGHT ON THE POSITIONS OF MUHAMMAD AND ITS IMPACT ON HIS UNDERSTANDING OF HADITH\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .