<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI"^^ . "Praktik pembagian peran yang hidup di masyarakat keluarga muslim saat\r\nini menghadirkan beban ganda bagi perempuan. Ketimpangan peran ini menjadi\r\nsatu isu krusial yang hingga kini masih menjadi polemik. Peran yang terbentuk\r\nantara suami dan istri di dalam Islam tidak sesuai dengan makna terdalam nas\r\nyang melandaskan pada praktik kerjasama, saling itolong-menolong dalam setiap\r\nurusan. Berbagai interpretasi telah dilakukan untuk menghapus praktik sikap\r\ndistingsi dalam pembagian peran suami-istri. Namun hal demikian masih\r\nmemberikan celah adanya praktik superioritas dengan menganggap yang satu\r\nlebih penting daripada yang lain. Berbagai interpretasi telah dilakukan untuk\r\nmengahapuskan praktik superioritas, salah satu interpretasi dihadirkan oleh\r\nFaqihuddin melalui pemikirannya dengan teori mubādalah. Pemikiran Faqihuddin\r\nmenarik untuk dikaji, mengingat Faqihuddin merupakan sosok pemikir yang\r\npeduli akan kajian feminis yang berfokus pada bidang fiqih dan ia memiliki\r\nkeunikan dengan konsep mubādalah yang dibawanya.\r\niPenelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang pemikiran\r\nseorang tokoh feminis muslim, yaitu Faqihuddin Abdul Kodir. Dengan demikian\r\npenelitian ini masuk pada jenis penelitian terhadap pemikiran tokoh. Untuk\r\nmelakukan penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data melalui beberapa\r\nteks buku atau karya yang ditulis oleh Faqihuddin Abdul Kodir. Karya ilmiah ini\r\nmerupakan data primer yang akan dijadikan sebagai dasar kajian terkait dengan\r\npemikiran Faqihuddin. Adapun karya ilmiah yang menjadi sumber primer yaitu:\r\nQirā’ah Mubādalah: Tafsir Progresif Untuk Keadilan Gender Dalam Islam dan\r\nPerempuan (Bukan) Sumber Fitnah: Mengkaji Ulang Hadis Dengan Metode\r\nmubādalah. Data sekunder juga digunakan untuk melengkapi data primer, yang\r\nberupa data yang berkaitan dengan pemikiran Faqihuddin. Data sekunder ini\r\nmerupakan data yang diperoleh dari beberapa kajian lain terkait pemikiran\r\nFaqihuddin Abdul Kodir, antara lain ialah: Hukum Domestikasi Dan\r\nKepemimpinan Perempuan Dalam Keluarga”, Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi\r\nIslam) IAIN Gorontalo, Volume 13, No. 2, Tafsir Al-Qur’an Tematik (Kedudukan\r\ndan Peran Perempuan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan\r\nLITBANG dan Diklat KEMENAG RI, “Tafsir Kebencian: Studi Bias Gender\r\nDalam Tafsir Al-Qur’an” buku ini ditulis oleh Hj. Zaitunah Subhan, dan\r\nseterusnya masih masuk terkait pemikiran Faqihuddin.\r\niPenelitian ini menghadirkan beberapa kesimpulan. Pertama, bahwa:\r\nFaqihuddin Abdul Kodir menawarkan melalui teori qirā’ah mubādalah sebuah\r\nkerangka peran yang terbentuk antara suami dan istri dalam membangun keluaga\r\nIslam. Menurut Faqihuddin peran suami-istri dikonstruksi sebagai berikut, yaitu:\r\nadanya peran yang terbentuk antara suami-istri yang berbeda, sebagaimana lakilaki\r\ndalam keluarga akan berperan sebagai suami dan ayah. Begitupula perempuan\r\nakan berperan sebagai istri dan ibu. Namun menurut pemikiran Faqihuddin dalam\r\npraktik pelaksanaan peran ini tidak mendasarkan pada pembagian tersebut. Peranperan\r\nini kemudian akan berlaku secara bersamaan kecuali dalam peran\r\nreproduktif yang dialami perempuan, sehingga peran suami disini hanya berupa\r\nmemberikan kasih sayang, perhatian dan dukungan penuh kepada istri dalam menjalankan perannya. Di dalam konteks keluarga keduanya memiliki fungsi\r\nkeseimbangan peran yang sama, tidak ada perbedaan berdasarkan jenis kelamin,\r\nmisalnya dalam hal nafkah keduanya memiliki fungsi yang sama dalam\r\nmenanggung beban tanggung jawab ini dengan syarat memiliki kemampuan dan\r\nkapasitas maka peran itu dapat dipertukarkan atau bahkan dilakukan secara\r\nbersamaan. Demikian pemikiran Faqihuddin dalam praktik peran suami-istri yang\r\npada kerangkanya dapat dipertukarkan dan dikerjakan secara bersama-sama.\r\nKedua, pemikiran Faqihuddin Abdul Kodir bersumber dari Al-Qur’an dengan\r\nmenggunakan metode tafsirnya, hadis dengan menggunakan metode syaraḥnya\r\ndan Fiqih, Ushul Fiqh melalui metode instinbāṭnya. Ketiga, pemikiran Faqihuddin\r\nAbdul Kodir mengandung nilai-nilai kesalingan, kesetaraan, dan keadilan. Nilainilai\r\nini relevan dengan tiga teori dasar epistemologi, yaitu: korespondensi,\r\nkoherensi dan pragmatisme. Dalam kaitannya dengan teori korespondensi\r\npemikiran Faqihuddin Abdul Kodir dilihat melalui usahanya untuk memahami\r\nperan yang dituangkan di dalam UU dan KHI. Sedangkan dalam kaitannya\r\ndengan koherensi, teori ini terbentuk melalui tahapan langkah\r\npenginterpretasiannya dalam memaknai teks nas. Terakhir kaitannya dengan\r\npragmatisme, dengan adanya usaha yang dilakukan Fqihuddin Abdul Kodir untuk\r\nmenghadirkan nilai-nilai universal dari sebuah prinsip Islam dalam\r\npenginterpretasinnya terhadap suatu isu problematika, sesuai dengan teori\r\npragmatisme dalam pengimplementasiannya."^^ . "2023-01-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20203011079"^^ . "Maida Hafidz, S.H."^^ . "NIM.: 20203011079 Maida Hafidz, S.H."^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Text)"^^ . . . . . "20203011079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Text)"^^ . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI\r\nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58487 \n\nPEMIKIRAN FAQIHUDDIN ABDUL KODIR TENTANG PERAN SUAMIISTRI \nDALAM KELUARGA: PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Syariah" . . . "Keluarga Islam" . .