TY - THES N1 - Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag. ID - digilib5850 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5850/ A1 - EDI SUPRIYADI - NIM. 06470042, Y1 - 2011/03/25/ N2 - Penelitian ini berangkat dari sebuah anggapan bahwa pendidikan tidak bisa terbebas dari kepentingan politik dengan tujuan untuk melanggengkan sistem sosial ekonomi maupun kekuasaan yang ada, maka hakikat pendidikan dalam pandangan ini tidak kurang dan tidak lebih sebagai sarana untuk memproduksi sistem dan struktur sosial yang tidak adil. Pandangan ini disebut teori reproduksi dalam pendidikan. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa pendidikan adalah proses produksi kesadaran kritis, oleh karena itu pendidikan dalam pandangan ini lebih melihat asumsi bahwa manusia berada dalam sistem dan struktur yang mengakibatkan proses dehumanisasi, maka proses belajar merupakan upaya pembebasan manusia karena sistem dan struktur yang tidak adil. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini adalah penelitian perbandingan (Comparative Study) maka Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi serta untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan metode komparatif. Hasil penelitian ini berupa konsep Pendidikan Kritis Menurut Mansour Fakih dan Athiyah al-Abrasyi. Diantara konsep Pendidikan Menurut Mansour Fakih yaitu Pendidikan dan Pemberdayaan, Pendidikan dan Kesadaran Kritis Serta Pendidikan dan Humanisasi. Sementara Menurut Athiyah adalah Dasar Persamaan Pendidikan, Dasar Kebebasan pendidikan, dan Dasar Demokrasi dan Keadilan. Persamaan dari keduanya yaitu sama-sama menjungjung eksistensi fitrah manusia hal ini mereka tunjukan lewat pembelajaran dalam memposisikan hubungan pendidik dengan peserta didik yang lebih humanistik. Perbedaan dari keduanya dapat kita lihat pada orientasi pendidikan dimana Mansour mengarahkan pendidikan pendidikan untuk menuju pembebasan dan keadilan sedangkan Athiyah mengarahkan pendidikan untuk pembentukan peribadi yang menjiwai ajaran nilai-nilai agama Islam. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan Kritis M1 - skripsi TI - KOMPARASI PENDIDIKAN KRITIS MANSOUR FAKIH DAN MUHAMMAD ATHIYAH AL-ABRASYI AV - restricted ER -