eprintid: 58545 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/85/45 datestamp: 2023-05-12 07:11:03 lastmod: 2023-05-12 07:11:03 status_changed: 2023-05-12 07:11:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Arifiastuti Karimah Nurfitriana, NIM.: 19102040080 title: STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT ispublished: pub subjects: Zakat subjects: sg divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Strategi Branding, BAZNAS Sleman, Menarik Minat note: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA abstract: Penelitian ini berlatar belakang dari adanya himbauan Presiden Jokowi berupa Gerakan Cinta Zakat secara nasional, agar minat masyarakat untuk berzakat mengalami peningkatan. Dalam hal ini BAZNAS Sleman telah merespon dengan mengimplementasikan berbagai program melalui strategi branding. Namun pada kenyataannya kesadaran masyarakat masih kurang untuk menyalurkan zakatnya ke lembaga BAZNAS Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian pada uji keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti, dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi branding BAZNAS Sleman berupa: 1) Sosialisasi kepada unit pengumpulan zakat. 2) Kampanye melalui implikasi gerakan cinta zakat, melalui media baliho atau spanduk. 3) Digital marketing melalui media sosial dan scan QRIS. Hasil dari analisis Porter’s Generic Competitive Strategies BAZNAS Sleman lebih cenderung pada strategi fokus, karena strategi fokus ini digunakan untuk membangun keunggulan kompetitif. date: 2023-03-31 date_type: published pages: 105 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arifiastuti Karimah Nurfitriana, NIM.: 19102040080 (2023) STRATEGI BRANDING BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SLEMAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN CINTA ZAKAT MENYEJAHTERAKAN UMAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58545/1/19102040080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58545/2/19102040080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf