%A ERIK - NIM. 06470045 %O Pembimbing: DR. Ahmad Arifi, M.Ag. %T HAK-HAK ANAK DALAM PENDIDIKAN (Studi Kasus Narapidana Anak Di Lapas Wirogunan, Yogyakarta) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pendidikan Anak di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan Yogyakarta tahun 2011, Karena pada hakikatnya warga binaan pemasyarakatan sebagai insan dan sumber daya manusia harus diperlakukan dengan baik yang manusiawi dalam sistem yang terpadu tanpa kecuali, termasuk hak anak-anak yang semestinya terpenuhi salah satunya pendidikan, untuk itu meskipun mereka berada pada lembaga permasyarakatan tetapi hak pendidikan mereka tidak boleh diabaikan layaknya anak-anak pada umumnya, untuk itu saya merasa tergugah hati untuk mengetahui sejauh mana hak-hak mereka apakah sudah terpenuhi atau belum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik,pengumpulan data dilakukan dengan metode interviu, observasi, angket dan dokumentasi.Untuk menganalisis data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan anak di Lembaga pemasyarakatan, ternyata belum sepenuhnya dilaksanakan,hal ini dikarenakan banyaknya kendala-kendala yang dihadapi pihak Lapas dan belum ada kordinasi dengan Kementrian Pendidikan Nasional. Hasil dari penelitian ini terkait tentang hak-hak anak dalam mengenyam pendidikan di usia anak-anak.Diantaranya pendidikan formal belum bisa dilaksanakan secara maksimal oleh Lembaga Permasyarakatan di karenakan belum adanya tempat atau fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan pendidikan yang kondusif. Pada dasarnya Lembaga Permasyarakatan Wirogunan Yogyakarta tidak secara khussus di desain untuk Narapidana anak sehingga hak-hak anak dibidang pendidikan belum secara maksimal terpenuhi. Untuk itu harapan dari penelitian ini untuk bisa memberikan sumbangsih terhadap pelayanaan anak-anak untuk bisa dipenuhi secara maksimal. %K Hak Anak , Hak Pendidikan %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5855