@phdthesis{digilib58640, month = {December}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI KABEL ALBAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18106000036 Zaky Pradana}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si.}, keywords = {pemahaman konsep; KABEL ALBAR; pembelajaran; media belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58640/}, abstract = {Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah yaitu siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep. Pada kenyataan saat ini, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru sehingga dapat membantu guru dalam menambah wawasan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi KABEL ALBAR dalam pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan aplikasi KABEL ALBAR materi Bentuk Aljabar serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 6 Bantul. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan lembar observasi. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 5,85. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 27,27\%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi KABEL ALBAR dalam pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.} }