eprintid: 58640 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/86/40 datestamp: 2023-05-16 06:36:02 lastmod: 2023-05-16 06:36:02 status_changed: 2023-05-16 06:36:02 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zaky Pradana, NIM.: 18106000036 title: PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI KABEL ALBAR ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: pemahaman konsep; KABEL ALBAR; pembelajaran; media belajar note: Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si. abstract: Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah yaitu siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep. Pada kenyataan saat ini, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematika. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat menumbuhkan minat siswa untuk belajar hal baru sehingga dapat membantu guru dalam menambah wawasan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi KABEL ALBAR dalam pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan aplikasi KABEL ALBAR materi Bentuk Aljabar serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 6 Bantul. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan lembar observasi. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa RPP. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 5,85. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 27,27%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi KABEL ALBAR dalam pembelajaran pada materi Bentuk Aljabar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. date: 2022-12-30 date_type: published pages: 116 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zaky Pradana, NIM.: 18106000036 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI KABEL ALBAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58640/1/18106000036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58640/2/18106000036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf