relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58644/ title: INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 DI RA TARBIYATUL ISLAMIYAH BATANGAN PATI creator: Sania Nur Hidayati, NIM.: 18104030029 subject: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sikap peduli sosial yang tinggi yang ditunjukkan oleh siswa di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) alasan mengapa kepedulian sosial perlu diinternalisasikan pada siswa kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati; (2) strategi yang digunakan untuk menginternalisasikan nilai kepedulian sosial pada siswa kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati; (3) faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai kepedulian sosial siswa kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kemudian melakukan pengecekan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman sikap kepedulian sosial pada siswa kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati sesuai dengan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 serta visi, misi dan tujuan lembaga untuk membentuk pribadi siswa yang memiliki sikap empati dan dapat bertanggung jawab. Sikap tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan sumber daya manusia yang peduli dan santun dikemudian hari; (2) Strategi yang digunakan dalam mengintenalisasikan nilai kepedulian sosial kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati ada lima, yaitu komunikasi yang baik, keteladanan, pembiasaan, ibrah serta pemberian apresiasi; (3) Faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai kepedulian sosial kelompok B1 di RA Tarbiyatul Islamiyah Batangan Pati adalah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat yang mendukung serta lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambat dipengaruhi oleh faktor keluarga yang kurang mendukung serta kemajuan teknologi. date: 2022-12-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58644/1/18104030029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58644/2/18104030029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Sania Nur Hidayati, NIM.: 18104030029 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPEDULIAN SOSIAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B1 DI RA TARBIYATUL ISLAMIYAH BATANGAN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.