TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag ID - digilib58712 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58712/ A1 - Atina Fahma Rosyada, NIM.: 16420027 Y1 - 2023/12/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang beberapa kesalahan berbahasa aspek sintaksis yang terjadi dalam penulisan buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Tidak hanya membahas tentang kesalahan-kesalahan sintaksis yang terdapat dalam buku tersebut, namun juga disertai dengan adanya upaya ta?w?b atau pembetulan sebagai evaluasi dan pemaparan dari hasil analisis yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data. Adapun objek penelitian menggunakan buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan-kesalahan berbahasa aspek sintaksis dalam buku pelajaran Pendidikan Bahasa Arab Untuk Siswa SMA dan SMK Muhammadiyah Kelas XII Cetakan Ketiga. Terdapat beberapa kategori kesalahan yang ditemukan (merujuk pada klasifikasi berdasarkan kitab Jami? ad-Dur?s al-?Arabiyyah): al-Mubtada? wa al-Khabar sebanyak 2 kesalahan, Maf??l Bih sebanyak 5 kesalahan, Jar Majr?r sebanyak 2 kesalahan, I??fah / Mu??f Ilaih sebanyak 2 kesalahan, Badal sebanyak 1 kesalahan, dan al-Ma???f bi al-Harfi sebanyak 4 kesalahah PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kesalahan Berbahasa KW - Sintaksis KW - Buku Teks M1 - skripsi TI - ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS BUKU PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH KELAS XII CETAKAN KETIGA TAHUN AJARAN 2022/2023 AV - restricted EP - 143 ER -