@phdthesis{digilib58717, month = {February}, title = {KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM BUKU TEACH LIKE FINLAND: 33 STRATEGI SEDERHANA UNTUK KELAS YANG MENYENANGKAN KARYA TIMOTHY D WALKER}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030019 Fida' Nur Hanifah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd}, keywords = {Kemandirian, Anak Usia Dini, Timothy D. Walker}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58717/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah fenomenanya masih banyak orang tua yang khawatir memberi kesempatan anak untuk mandiri sejak dini. Sedangkan aspek kemandirian yang sangat berperan penting dalam membentuk masa depan setiap anak. Negara Finlandia memiliki sistem pendidikan terbaik, mengejutkan dunia pendidikan dengan score PISA tinggi, juga sebagai negara paling bahagia dalam World Happiness Report oleh PBB pada tahun 2018-2022. Berdasarkan observasi dan pengalaman langsung sebagai Guru Finlandia, Timothy menulis buku bestseller berjudul Teach Like Finland mengenai strategi-strategi untuk menciptakan kebahagian dalam kelas. Ada 5 aspek yang dijelaskan, termasuk kemandirian. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalis isi buku Teach Like Finland: 33 Strategi Sederhana untuk Kelas yang Menyenangkan Karya Timothy D. Walker. Berfokus pada analisis konsep dan strategi-strategi kemandirian menurut Tim Walker. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan history factual approach (pendekatan histori-faktual), yaitu pendekatan penelitian yang berlatar pada pemikiran seorang tokoh, baik itu berupa karyanya atau satu topic dalam karya dengan menggunakan analisis filosofis. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen berupa tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Analisis isi melewati beberapa proses mulai dari identifikasi data, reduksi data, display data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konsep kemandirian menurut Timothy adalah autonomy?, kemampuan dalam mengatur dan mengendalikan pikiran, perasaan, juga perilaku diri sendiri secara bebas dan berusaha sendiri dalam mengatasi perasaan malu dan ragu. (2) Strategi pembelajaran di Finlandia mengutamakan rasa kebahagiaan dalam prosesnya. Terdapat 6 strategi kemandirian dalam menciptakan kelas yang menyenangkan yaitu, mulai dengan kebebasan, meninggalkan batas, menawarkan pilihan, buat rencana bersama siswa, buat jadi nyata, dan tuntutan tanggung jawab. Implikasi dari strategi kemandirian menurut Timothy D. Walker adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk memegang kendali dalam proses belajar-mengajar dan mengembangkan keterampilan mandiri yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan.} }