TY - THES N1 - Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M.Pd. ID - digilib58718 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58718/ A1 - Imdadur Rouf, NIM.: 17106000010 Y1 - 2023/03/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis model Project Based Learning pada materi koordinat kartesius untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas VIII yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan Richey dan Klein yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Teknik analisis data penelitian ini adalah data yang telah diperoleh dari para ahli yang berbentuk data kualitatif selanjutnya diubah menjadi data kuantitatif sesuai skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKS matematika berbasis Project Based Learning pada materi koordinat kartesius untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa kelas VIII telah memenuhi kriteria valid. Hal tersebut didasarkan pada penilaian oleh dua validator ahli. Hasil penilaian menunjukan nilai rata-rata akhir validitas produk sebesar 0,84 dan termasuk dalam kriteria tinggi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - LKS KW - Project Based Learning KW - Koordinat Kartesius KW - Pemahaman Konse M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS AV - restricted EP - 199 ER -