eprintid: 58727 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/87/27 datestamp: 2023-05-19 03:29:23 lastmod: 2023-05-19 03:29:23 status_changed: 2023-05-19 03:29:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Listy Adekayanti, NIM.: 18104020010 title: KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023) ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Bahasa Arab note: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag abstract: Kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran, termasuk kemampuannya memilih, menggunakan ataupun membuat media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab pada kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023, 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023, 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif deskriptif. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru bahasa Arab kelas X MAN Dompu tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN Dompu tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan yang ditunjukan oleh guru tersebut, yaitu: a) menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, b) menyiapkan kelas, c) mengenalkan media pembelajaran kepada siswa, d) menggunakan media pembelajaran, e) mengevaluasi media pembelajaran. 2) faktor yang menghambat guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN Dompu adalah: a) keterbatasan dana madrasah, b) keterbatasan alat seperti LCD, c) keterbatasan jaringan internet, d) kurangnya pelatihan untuk guru dalam menggunakan media. 3) Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan menggunakan media: a) meminimalkan penggunaan dana dengan membuat media sederhana namun efektif, b) meningkatkan kemampuan menggunakan media dengan melakukan kerjasama antar guru untuk bertukar pengetahuan, c) mengaktifkan guru dalam kegiatan MGMP. date: 2023-01-20 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Listy Adekayanti, NIM.: 18104020010 (2023) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS GURU KELAS X MAN DOMPU TAHUN AJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58727/1/18104020010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58727/2/18104020010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf