%0 Thesis %9 Skripsi %A Zumairo Rosyada, NIM.: 1810403001 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58729 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Outdoor Learning, Karakter, Disiplin, Anak Usia Dini %P 173 %T IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MAFATIHUL ISLAMIYAH KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58729/ %X Latar belakang penelitian ini adalah anak dengan kedisiplinan yang rendah dikarenakan kurangnya penerapan karakter disiplin dengan menggunakan metode yang mudah diterima anak. Dengan demikian, RA Mafatihul Islamiyah menerapkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) untuk meningkatkan karakter disiplin anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Outdoor Learning untuk meningkatkan karakter disiplin anak di RA Mafatihul Islamiyah, bagaimana hasil implementasi metode Outdoor Learning untuk meningkatkan karakter disiplin anak di RA Mafatihul Islamiyah, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi Outdoor Learning untuk meningkatkan karakter disiplin anak di RA Mafatihul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian kelompok B RA Mafatihul Islamiyah Kudus yang berjumlah 14 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik, sumber,dan waktu. Data dianalisis secara deskriptif sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Outdoor Learning dapat meningkatkan karakter disiplin anak di RA Mafatihul Islamiyah. 1.) Implementasi metode Outdoor Learning di RA Mafatihul Islamiyah dengan menggunakan langkah-langkah menyusun pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan Outdoor Learning, dan evaluasi. Adapun pelaksanaan kegiatan yaitu meliputi lingkungan dalam sekolah dan lingkungan luar sekolah. Sedangkan untuk konsep Outdoor Learning yang diterapkan di RA Mafatihul Islamiyah meliputi: Experiental Learning, Field Trip, dan Outbound . 2.) Melalui pembiasaan rutin dan pemahaman aturan, anak mampu disiplin waktu, yaitu datang tepat waktu,dan mengikuti pembelajaran sesuai waktu. Mampu disiplin peraturan yaitu mengenakan seragam sesuai dengan jadwal, berpakaian yang rapi, memakai sepatu sendiri secara benar, mengembalikan mainan setelah kegiatan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Mampu disiplin sikap, berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas, mengucapkan salam terhadap guru, menghormati guru, dan tertib di dalam maupun luar kelas. 3.) Faktor pendukung dalam implementasi Outdoor Learning yaitu sarana prasarana yang memadai, keteladanan guru yang baik pada anak didik, serta sistem yang baik dan teratur. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan orang tua, cuaca, anak yang terlambat, dan anak yang tidak berangkat. %Z Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag.