TY - THES N1 - Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd. ID - digilib58731 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58731/ A1 - Khofifah Indah Padmasari, NIM.: 18104080068 Y1 - 2023/02/03/ N2 - Permasalahan yang ditemui yaitu penerapan pembelajaran SBdP seni tari ketika pandemi dirasa kurang karena guru tidak dapat bertatap muka dengan siswa sehingga untuk melakukan keterampilan belum ditemui saat pandemi. Selain itu, guru merasa kesulitan dalam menerapkan model belajar kelompok dan tidak dapat menilai keterampilan siswa secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana bentuk penerapan pembelajaran SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro? (2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada penerapan pembelajaran SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro? (3) bagaimana hasil belajar SBdP seni tari di Kelas VB SD Negeri Nogopuro?. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan suatu fenomena secara sistematis dan akurat. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti, maka penerapan pembelajaran SBdP materi seni tari di kelas VB SD Negeri Nogopuro dapat diambil kesimpulan yaitu: Bentuk penerapan meliputi (1) Perencanan pembelajaran SBdP seni tari di SD Negeri Nogopuro (2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang memenuhi kurikulum 2013. (3) Evaluasi pembelajaran seni tari berupa penilaian dalam bentuk pementasan tari kreasi daerah Faktor pendukung penerapan pembelajaran SBdP seni tari di SD Negeri Nogopuro kelas VB yaitu adanya (1) minat belajar (2) fasilitas yang disediakan sekolah (3) pendekatan belajar yang digunakan guru mampu menumbuhkan minat belajar siswa. Penghambat yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran diantaranya (1) tingkat kecerdasan yaitu kesulitan dalam menghafal gerakan tari dan siswa kesulitan mengikuti gerakan tari yang cepat (2) fasilitas yang dirasa masih kurang yaitu ruang khusus tari untuk mendukung pembelajaran seni tari dan (3) guru kurang menguasai seni tari. Hasil belajar SBdP seni tari di kelas VB SD Negeri Nogopuro menunjukan bahwa siswa mampu menari dengan percaya diri, siswa mampu menghafal nama-nama tarian tetapi masih kurang dalam menghafal asal daerah, siswa dapat menarikan sesuai dengan iringan, dan siswa mampu menentukan kostum serta properti yang sesuai dengan isi tarian. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) KW - Sekolah Dasar KW - Pendidikan Seni Tari M1 - skripsi TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN SBDP MATERI SENI TARI DI KELAS VB SD NEGERI NOGOPURO AV - restricted EP - 139 ER -