eprintid: 58740 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/87/40 datestamp: 2023-05-19 04:31:43 lastmod: 2023-05-19 04:31:43 status_changed: 2023-05-19 04:31:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ika Damayanti, NIM.: 19104080017 title: PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: poperta; SSCS; energi; pop-up; peserta didik note: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd abstract: Belum adanya media pembelajaran yang kontekstual menjadi permasalahan pada proses pemahaman peserta didik. Pembelajaran yang kontekstual dapat terwujud apabila didukung dengan media yang memfasilitasi kebutuhan peserta didik. Pop-up Lembar Kerja Peserta Didik dibuat karena media tersebut berisi tugas dalam bentuk kegiatan yang digabungkan dengan Pop-up berbasis search, solve, create and share. Tahap search bertujuan menstimulus eksplorasi peserta didik, tahap solve merangsang peserta didik untuk berpendapat, tahap create membuat suatu karya dan tahap share mengkomunikasikan hasil. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan Pop-up Lembar Kerja Peserta didik Berbasis SSCSP pada materi energi kelas IV MI (2) memperoleh kelayakan produk Poperta Berbasis SSCSP materi energi kelas IV MI berdasarkan penilaian validator (3)memperoleh kelayakaan Poperta berbasis SSCSP pada materi energi kelas IV MI berdasarkan penilaian hasil uji terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, materi, bahasa, dan praktisi serta skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media Poperta. Uji coba dilakukan kepada 18 peserta didik kelas IV. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentasekan berdasarkan keidealan sehingga diketahui kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1)telah berhasil dikembangkan media Poperta yang merupakan inovasi media pembelajaran menggabungkan desain Pop-up dan Lembar Kerja Peserta Didik dengan karakteristik produk berisi materi muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Media ini berbentuk cetak, berukuran A4 dengan hardcover dan berisi kegiatan yang berbasis search, solve, create and share. Poperta dikembangkan melalui tahapan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan (2)berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, bahasa, dan materi memperoleh rata-rata skor 4,45 dengan kategori “Sangat Baik.” Penilaian yang dilakukan oleh praktisi mendapatkan skor rata-rata 4,95 dengan kategori “Sangat Baik”. (3)Respon peserta didik terhadap media Poperta memperoleh penilaian dengan persentase 100% dan termasuk dalam kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media Poperta yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran materi Energi di Madrasah Ibtidaiyah. date: 2023-02-02 date_type: published pages: 211 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ika Damayanti, NIM.: 19104080017 (2023) PENGEMBANGAN POP-UP LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERPADU PROYEK PADA MATERI ENERGI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58740/1/19104080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58740/2/19104080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf