%0 Thesis %9 Skripsi %A Ayu Lestari, NIM.: 16430019 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F digilib:58747 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran berbasis proyek; kreativitas anak; golden age %P 193 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK A DI TK AZ-ZAHRA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58747/ %X Penelitian ini dilatar belakangi melihat perkembangan kreativitas peserta didik kelompok A di TK Az-zahra Yogyakarta pada saat pembelajaran berbasis proyek belum berkembang dengan baik, seperti masih ditemukannya peserta didik yang belum kreatif atau terampil pada saat mengerjakan tugas proyeknya, jika dibiarkan saja maka perkembangan kreativitas anak tidak berkembang dengan optimal. Dalam hal ini, pendidik dan orang tua harus mampu bekerja sama menangani permasalahan yang terjadi, tentunya dengan cara yang berbeda-beda berdasarkan penyebabnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Anak pada Kelompok A di TK Az-zahra Yogyakarta, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Anak pada Kelompok A di TK Az-zahra Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana TK Az-zahra Yogyakarta sebagai lokasi penelitian. Pengumpulan data didapatkan dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok A di TK Az-zahra dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap lanjutan dan evaluasi. (2) faktor pendukung pembelajaran berbasis proyek yaitu kondisi lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan orang tua, faktor internal dalam diri anak, sarana prasarana dan protokol kesehatan. Faktor penghambat yaitu kuantitas guru, emosi / mood anak tidak stabil, dan pembiayaan. %Z Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M. Pd.