%0 Thesis %9 Skripsi %A Ari Muslika, NIM.: 17104030060 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F digilib:58752 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K karakter; anak usia dini; pembelajaran %P 131 %T PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH DI TK ABA JOGODAYOH I BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58752/ %X Karakter merupakan sifat yang tertanam dalam diri seseorang. Dalam pendidikan karakter terdapat beberapa macam karakter yang dimiliki terutama pada anak usia dini. Karakter tersebut di antaranya yaitu, karakter beriman, bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, jujur, adil, bijaksana, sabar, disiplin, dan sebagainya. Pemberian pembelajaran dari sekolah sangat mendukung terbentuk dan menguatnya karakter yang dimiliki pada anak usia dini. Pandemi covid 19 menyebabkan perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan karakter anak usia dini dalam pembelajaran dari rumah, dan faktor pendukung serta faktor penghambat penguatan karakter anak usia dini dalam pembelajaran dari rumah di TK ABA Jogodayoh I Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang yang meliputi : pendidik, kepala sekolah, dan orangtua atau wali murid. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penguatan karakter anak usia dini dengan kegiatan pembelajaran dari rumah tetap mengacu pada pengembangan diri peserta didik yaitu meliputi nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni. Tugas yang diberikan oleh pendidik dapat menjadikan penguatan karakter pada peserta didik yaitu, karakter bertakwa, cakap, kreatif, mandiri, bertanggungjawab dan jujur. (2) Faktor pendukung dari penguatan karakter anak usia dini dalam pembelajaran dari rumah ialah kemauan dan semangat anak dalam belajar, dukungan dari orangtua atau wali murid, lingkungan keluarga, lingkungan sekitar tempat tinggal, sarana dan prasarana yang menarik dan tersedia untuk kelancaran pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat ialah mood swing atau suasana hati anak yang tidak stabil, sehingga memperlambat proses mengerjakan tugas. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd.