eprintid: 5876 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/58/76 datestamp: 2013-03-26 12:11:21 lastmod: 2015-10-13 01:59:01 status_changed: 2012-05-04 16:48:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARDIAN KUSUMA - NIM. 07140019 , title: PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar note: Pembimbing: Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag.,SIP.,M.Si. abstract: Pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sangat erat kaitannya dengan proses belajar yang diselenggarakan oleh sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Bantul, dengan tujuan mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan SMP N 1 Bantul terhadap prestasi belajar siswa pada tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan dan sembilan SMP N 1 Bantul tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 608 siswa. Ukuran sampel adalah 10% dari populasi sebanyak 61 siswa diambil secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan SMP N 1 Bantul oleh siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik, terbukti dengan nilai grand mean sebesar 3,16. Juga pemanfaatan perpustakaan menunjukan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai t hitung sebesar 2.012 dan nilai signifikansi sebesar 0,049. Oleh karena nilai t hitung t tabel (=2,00), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan nilai signifikansi yang diketahui sebesar 0,049 ( 0,05) menegaskan bahwa pengaruh yang diberikan oleh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa di sekolah pada tahun pelajaran 2009/2010 adalah signifikan (nyata). Mengacu dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti dapat mengajukan saran yaitu agar perpustakaan lebih diintensifkan dalam mendorong prestasi belajar dan kegiatan belajar mengajar dikelas diarahkan untuk mendorong optimalisasi peran perpustakaan. date: 2011-03-29 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-29 11:54:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ardiankusu-5656-1-ardiank-l.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/114/digilib-uinsuka--ardiankusu-5656-1-ardiank-l.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6278 ; nama file lama : ARDIAN KUSUMA - NIM. 07140019 PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1915216 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ARDIAN KUSUMA - NIM. 07140019 , (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5876/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5876/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf