@phdthesis{digilib58760, month = {March}, title = {PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL (E-POCKET BOOK) BIOLOGI PADA MATERI POKOK JARINGAN HEWAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18106080035 Laatania Roudhotul Jannah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Annisa Firanti, S.Pd., M.Pd}, keywords = {Buku Saku Digital (e-pocket book), Jaringan Hewan, Sumber Belajar Mandiri.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58760/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas XI SMA/MA, 2) mengetahui kualitas buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R\&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Buku saku digital (e-pocket book) dinilai menggunakan instrumen berupa lembar angket yaitu angket penilaian para ahli, peer reviewer, guru biologi, dan respon siswa. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas XII MIA SMA Insan Mulia Boarding School Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu berupa sumber belajar buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa 1) pengembangan buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas XI SMA/MA menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), 2) buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan secara keseluruhan memiliki kualitas sangat baik (SB) berdasarkan validasi dari reviewer dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 99\% dari ahli media, 89\% dari ahli materi, 91\% dari peer reviewer dan 88\% dari guru biologi. Respon siswa pada saat dilakukan uji keterbacaan yaitu sebesar 90\% dengan kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, maka buku saku digital (e-pocket book) biologi pada materi pokok jaringan hewan memiliki kualitas sangat baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas XI SMA/MA.} }