eprintid: 58765 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/87/65 datestamp: 2023-05-22 02:01:41 lastmod: 2023-05-22 02:01:41 status_changed: 2023-05-22 02:01:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Suci Luthfiah Azahro, NIM.: 19104010069 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023 ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Model Cooperatif Learning, Group Investigation, Media Wal/chart, Hasil Belajar Fikih note: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd abstract: Latar belakang penelitia ini adalah terdapat rendahnya hasil belajar peserta didik di jenjang Madrasah Tsanawiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional berbasis kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, penelitian ini mengambil latar di MTs Negeri 3 Sumberlawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis berbentukpretest dan posttest. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik yaitu uji paired sampel t-test dan Uji N-Gain dengan bantuan SPSS 21 yang bertaraf signifikasi 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan di antara nilai akhir kelompok eksperimen dan kontrol. Di mana Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Kemudian besar pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dengan media wallchart pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Sragen. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 58,1 % atau 56% date: 2023-03-28 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Suci Luthfiah Azahro, NIM.: 19104010069 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA WALLCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58765/1/19104010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58765/2/19104010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf