TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si ID - digilib58766 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58766/ A1 - Sihono, NIM.: 19104010099 Y1 - 2023/03/31/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul terdapat keragaman dalam beragama dan program moderasi beragama berjalan dengan baik walaupun ada beberapa peserta didik yang bersikap intoleran. Oleh karena itu, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam perlu diaktualisasikan dalam menguatkan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif dan mengunakan teori Thomas Lickona tentang pendidikan nilai. Adapun pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya peneliti mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bambanglipuro adalah nilai iman, nilai jujur, nilai taat dan nilai toleransi. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam tersebut diaktualisasikan dalam menguatkan moderasi beragama melalui 3 tahapan. Pertama, moral knowing yaitu proses penyampaian nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik. Kedua, moral felling yaitu peresapan dan perasaan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada dalam diri peserta didik dalam menguatkan moderasi beragama. Terakhir, moral acting yaitu peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Menguatkan Moderasi Beragama dalam bentuk tindakan yang nyata melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembudayaan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Aktualisasi Pendidikan KW - Pendidikan Agama Islam KW - Moderasi Beragama M1 - skripsi TI - AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL AV - restricted EP - 151 ER -