eprintid: 58767 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/87/67 datestamp: 2023-05-22 02:07:17 lastmod: 2023-05-22 02:07:17 status_changed: 2023-05-22 02:07:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lailatul Masruro, NIM.: 19104020047 title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Virtual reality, Google Cardboard, Bahasa Arab note: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I.,M.Pd.I. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan virtual reality learning dengan media google cardboard dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VI MIN 2 Bantul, dan untuk mengetahui perbedaan signifikansi kelas eksperimen (yang diberikan perlakuan dengan model virtual reality learning dengan media google cardboard) dengan kelas kontrol (yang tidak diberikan perlakuan dengan model virtual reality learning dengan media google cardboard). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI MIN 2 Bantul. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIN 2 Bantul, kemudian dipilih sampel kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji dengan uji kolmogrov-smirnov dan uji varian untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari aspek uji coba kelas kontrol dan kelas uji coba menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, akan tetapi model virtual reality learning dengan media google cardboard dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VI MIN 2 Bantul kurang efektif. Data diuji dengan uji wilcoxon sebagai alternatif dari uji paired sample t test karna data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dengan taraf signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan signifikan. Selanjutnya data dianalisis dengan uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas penggunaan virtual reality learning dengan media google cardboard. Hasil perhitungan menunjukkan penerapan model virtual reality learning dengan media google cardboard dinyatakan “kurang efektif” karena memiliki rata-rata 51,9938 atau 52 %, hal ini berdasar pada tabel pengukuran kategori tafsiran efektivitas nilai uji N-gain. date: 2023-03-24 date_type: published pages: 160 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lailatul Masruro, NIM.: 19104020047 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CARDBOARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VI MIN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58767/1/19104020047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58767/2/19104020047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf