%0 Thesis %9 Skripsi %A Zainul Afifah, NIM.: 19104060002 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58775 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Flipped Classroom, Active Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar %P 208 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGERASI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58775/ %X Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar kimia siswa rendah adalah perkembangan teknologi yang belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh siswa, padahal seharusnya perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat pada saat ini. Salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet adalah model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemandiria belajar siswa. Kemandirian belajar merupakan kesiapan seorang individu untuk belajar dengan inisiatifnya sendiri, dengan atau tanpa bantuan pihak lain dalam hal penentuan, tujuan dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran flipped classroom terintegerasi active learning tipe true or false terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental atau eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Temanggung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan lembar angket Hasil penelitian menunjukan nilai sig. soal tes 0.011 < 0.05 dan sig angket 0.046 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran flipped classroom terintegerasi active learning tipe true or false terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga efektif untuk digunakan. %Z Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.