TY - THES N1 - Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd ID - digilib58777 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58777/ A1 - Ayu Taqwantari Dina Astuti, NIM.: 19104060012 Y1 - 2023/03/01/ N2 - Materi redoks banyak mengandung konsep yang abstrak. Oleh karena itu, diperlukan video animasi untuk mengilustrasikan materi yang abstrak agar menjadi lebih konkret sehingga mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi bermuatan kontekstual pada materi reaksi redoks menggunakan Web Apps Animaker dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat baik, ahli media mendapatkan 90% dengan kategori sangat baik, dan reviewer mendapatkan persentase 95% dengan kategori sangat baik. Siswa SMA kelas X memberikan respons positif terhadap produk yang dikembangkan dengan persentase sebesar 94,5%. Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa video yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran materi reaksi redoks. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Video Animasi KW - Pembelajaran Kontekstual KW - Reaksi Reduksi-Oksidasi (Redoks) KW - Web Apps Animaker M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN WEB APPS ANIMAKER AV - restricted EP - 132 ER -