%0 Thesis %9 Skripsi %A Kinanthi Ayumi Larasati, NIM.: 19104060013 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58778 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Inklusif, Pembelajaran Kimia, Siswa Difabel %P 66 %T PENGALAMAN GURU KIMIA DALAM MELIBATKAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58778/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengalaman guru kimia dalam melibatkan siswa difabel pada proses pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan subjek guru kimia yang mengajar di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) di Kabupaten Bantul. Proses pengambilan data digunakan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan pendekatan tertentu dalam proses pembelajaran kimia namun ada beberapa kendala seperti kurangnya variasi metode dan media pembelajaran serta ketidakhadiran GPK dalam setiap proses pembelajaran. Meskipun demikian, siswa difabel memiliki semangat belajar yang tinggi. Kendala lain adalah ketidaktahuan guru terhadap pendidikan inklusif itu sendiri karena tidak mendapatkan pelatihan maupun pendidikan mengenai pendidikan inklusif. Proses pembelajaran inklusif harus dilakukan secara kolaboratif antara guru, orang tua, teman sebaya, warga sekolah, sekolah, serta pemerintah untuk mewujudkan pendidikan inklusif yang optimal %Z Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.