eprintid: 58778 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/87/78 datestamp: 2023-05-22 02:58:15 lastmod: 2023-05-22 02:58:15 status_changed: 2023-05-22 02:58:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Kinanthi Ayumi Larasati, NIM.: 19104060013 title: PENGALAMAN GURU KIMIA DALAM MELIBATKAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA ispublished: pub subjects: dif subjects: in_klusif subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Inklusif, Pembelajaran Kimia, Siswa Difabel note: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengalaman guru kimia dalam melibatkan siswa difabel pada proses pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan subjek guru kimia yang mengajar di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) di Kabupaten Bantul. Proses pengambilan data digunakan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan pendekatan tertentu dalam proses pembelajaran kimia namun ada beberapa kendala seperti kurangnya variasi metode dan media pembelajaran serta ketidakhadiran GPK dalam setiap proses pembelajaran. Meskipun demikian, siswa difabel memiliki semangat belajar yang tinggi. Kendala lain adalah ketidaktahuan guru terhadap pendidikan inklusif itu sendiri karena tidak mendapatkan pelatihan maupun pendidikan mengenai pendidikan inklusif. Proses pembelajaran inklusif harus dilakukan secara kolaboratif antara guru, orang tua, teman sebaya, warga sekolah, sekolah, serta pemerintah untuk mewujudkan pendidikan inklusif yang optimal date: 2023-03-14 date_type: published pages: 66 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Kinanthi Ayumi Larasati, NIM.: 19104060013 (2023) PENGALAMAN GURU KIMIA DALAM MELIBATKAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS PADA PROSES PEMBELAJARAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58778/1/19104060013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58778/2/19104060013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf