%0 Thesis %9 Skripsi %A Talitha Salsabila Kinayung Fajri, NIM.: 19104060045 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58787 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Multiple Representasi, Hukum Dasar Kimia %P 203 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA KURIKULUM MERDEKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58787/ %X Kurikulum merdeka merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam mengatasi terjadinya learning loss di Indonesia. Dalam pelaksanaan pembelajaran kimia pada kurikulum merdeka peserta didik perlu mendapatkan panduan dalam penguatan pemahaman materi dan belajar mandiri. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa adalah pembelajaran multiple representasi, karena pemahaman merupakan hal yang penting untuk pembelajaran kimia yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket skala Guttman. Media pembelajaran dinilai oleh satu ahli materi dan satu ahli media, tiga pendidik SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 94,44% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase keidealan 90,83 % dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan 94,167%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia sangat layak digunakan. %Z Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc