%0 Thesis %9 Skripsi %A Oky Puspitasari Aryaningtyas, NIM.: 19104080008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58792 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Gim Edukasi, Pembelajaran Matematika, Materi Penjumlahan %P 154 %T PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN UNTUK KELAS I SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58792/ %X Latar belakang penelitian ini mengenai pelaksanaan pembelajaran di kelas I yang sudah berjalan dengan baik, namun masih terdapat peserta didik yang belum lancar dalam berhitung. Kemampuan berhitung peserta didik akan meningkat apabila sering berlatih mengerjakan latihan soal penjumlahan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam menyajikan latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media gim edukasi matematika materi penjumlahan untuk kelas I SD/MI dan untuk mengetahui kelayakan media gim edukasi matematika materi penjumlahan berdasarkan uji kepraktisan oleh guru serta respons peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap yakni Define, Design, Development, dan Dissemination. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan angket, untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, 2 guru, dan untuk mengetahui respons dari 10 peserta didik kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gim edukasi yang dikembangkan memperoleh penilaian dari ahli media dengan persentase penilaian 76% yang termasuk kategori “baik”. Penilaian dari ahli materi mencapai persentase 89% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan uji kepraktisan dari penilaian guru, media gim edukasi mendapat kelayakan penilaian kategori “sangat baik” dengan persentase sebesar 90%. Media yang dikembangkan juga memperoleh respons sangat baik dari peserta didik. %Z Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I