TY - THES N1 - PEmbimbing;Dr. Hj. R Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag. ID - digilib58795 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58795/ A1 - Desy Maulani Rizki, S.Pd, NIM.: 20204022012 Y1 - 2023/03/06/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran qowaid di kelas X MA eL-BAS (Lembaga Bina Anak Sholeh) Ciamis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran qowaid bahasa Arab. Di samping itu, pembelajaran di era modern ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Keunggulan yang ditawarkan dengan adanya teknologi tidak hanya pada kecepatan untuk memperoleh informasi, melainkan juga terdapat pada fasilitas media yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, sehingga akan meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan multimedia interaktif dalam pembelajaran qowaid berbasis power point dan iSpring dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas multimedia yang dikembangkan dalam pembelajaran qowaid. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan produk berupa multimedia interaktif berbasis power point dan iSpring dalam mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas X MA eL-BAS (Lembaga Bina Anak Sholeh) Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Dick & Carey yang terbagi menjadi lima tahapan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development Or Production, Implementation Or Delivery, and Evaluations). Adapun teknik dalam pengambilan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebuah multimedia interaktif dalam pembelajaran qowaid berbasis power point dan iSpring yang dikembangkan melalui lima tahapan, yakni; a) Analisis, yaitu tahap identifikasi masalah; b) Desain, meliputi materi dan tujuan pembelajaran, dan tampilan produk yang akan dikembangkan; c) Pengembangan, yaitu tahap mengembangkan produk multimedia interaktif yang sudah divalidasi oleh para validator ahli; d) Implementasi, yaitu dengan mempersiapkan pendidik dan peserta didik; e) Evaluasi, yaitu tahap menilai produk multimedia interaktif yang dikembangkan. Dari lima tahapan yang telah dilakukan peneliti, media ini mendapatkan respon positif dan juga sangat layak dan sangat efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian validasi dari ahli media, ahli materi, penilaian guru bahasa Arab dan hasil pre-test dan post-test, hasil validasi ahli media mendapatkan skor 68 dalam kategori ?sangat layak? untuk dikembangkan, validasi ahli materi mendapatkan skor 61 dalam kategori ?layak? untuk dikembangkan dan penilaian guru mata pelajaran bahasa Arab mendapatkan skor 65 dalam kategori ?sangat layak? untuk dikembangkan. Hasil pre-test dan post-test minat belajar yaitu 45,06% (sebelum menggunakan media pembelajaran digital) dan meningkat menjadi 52,4% (sesudah menggunakan media pembelajaran digital). Hasil pre-test dan post-test motivasi belajar yaitu 43,8% (sebelum menggunakan media pembelajaran digital) dan meningkat menjadi 51,6% (sesudah menggunakan media pembelajaran digital). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - multimdia interaktif; pembelajaran qowaid; pendekatan integratif M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN QOWAID DENGAN PENDEKATAN INTEGRATIF DI MA eL-BAS (LEMBAGA BINA ANAK SHOLEH) CIAMIS AV - restricted EP - 192 ER -