eprintid: 58796 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/87/96 datestamp: 2023-05-22 04:35:26 lastmod: 2023-05-22 04:35:26 status_changed: 2023-05-22 04:35:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wahyu Hidayat, NIM.: 19104080076 title: PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL ispublished: pub subjects: kar_ divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Karakter, Boarding School, Reward dan Punishment note: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag abstract: Penelitian ini tentang pembinaan karakter, khususnya karakter disiplin. Hal ini sangat penting dilakukan, karena menjadi dasar dalam pembentukan karakter peserta didik. Dengan adanya hal tersebut, pembinaan yang dilakukan dapat melahirkan peserta didik memiliki kepribadian yang unggul. Serta mampu membawa perubahan di masyarakat di mana mereka tinggal. Melihat kondisi pendidikan di Indonesia yang saat ini masih dipandang belum memenuhi harapan ideal. Akhirnya muncul ide serta inovasi baru, salah satunnya adalah berkembangnya madrasah yang menerapkan sistem berasrama atau sering dikenal boarding school. Sistem boarding school ini memadukan antara pendidikan pesantren dan pendidikan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school, serta faktor pendukung, dan penghambatnya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pamong, pengurus asrama atau guru pendamping, dan santri asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep yang diberikan Miles dan Huberman, berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, dalam tahap pengembangan atau pembinaan karakter disiplin telah dilaksanakan. pelaksanaannya meliputi tahap perencanaan, kemudian tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penentuan tujuan yang ingin dicapai ditinjau melalui visi, misi, tujuan, motto, profil lulusan yang di harapkan, kurikulum yang digunakan, dan program kepesantrenan. Perencanaan, dan penentuan pelaksana kegiatan. Penentuan program Asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur. Penunjang pelaksanaan kegiatan Asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur. Tahap pelaksanaan meliputi melaui progam khusus, metode khusus, adanya reward, dan adanya punishment. Tahap evaluasi meliputi evalusi kinerja pengurus asrama At-Tariq MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem. Faktor pendukung pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, antara lain: keberadaan, dan kedekatan pengurus, pemberian motivasi dari (perngurus, orangtua, dan kerabat terdekat), lingkungan asrama yang aman, dan nyaman. Adanya reward, dan punishment bagi peserta didik. Faktor penghambat pembinaan karakter disiplin peserta didik melalui boarding school di MI Al Ma‟had An Nur Ngrukem Bantul, antara lain: jumlah pengurus asrama yang kurang, dan latar belakang peserta didik yang berbeda-beda. date: 2023-03-28 date_type: published pages: 442 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Hidayat, NIM.: 19104080076 (2023) PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BOARDING SCHOOL PADA PESERTA DIDIK DI MI AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58796/1/19104080076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58796/2/19104080076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf