@phdthesis{digilib58812, month = {December}, title = {PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KONSEP MOL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18106070030 Fuukie Makarima}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.}, keywords = {minat belajar; kesulitan belajar; modul interaktif; inkuiri terbimbing}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58812/}, abstract = {Konsep mol merupakan salah satu materi dalam ilmu kimia yang sering dianggap sebagai materi yang sulit oleh peserta didik. Adanya kesulitan peserta didik dalam memahami materi konsep mol dikarenakan dalam proses pembelajarannya sering diajarkan secara matematis yang bersifat abstrak sehingga pengertian kimia mengenai konsep tersebut menjadi tidak jelas. Modul interaktif dinilai dapat memvisualisasikan materi yang disampaikan sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan modul interaktif dapat digunakan sebagai salah satu upaya guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami materi konsep mol. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif berbasis inkuri terbimbing pada materi konsep mol dan mengetahui kualitas modul interaktif yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun dibatasi sampai tahap develop. Produk berupa modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing berisi materi pembelajaran yang dilengkapi dengan sintaks inkuiri terbimbing, rangkuman, kuis, contoh dan latihan soal, serta evaluasi. Produk divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, ditinjau oleh tiga peer reviewer, dinilai oleh empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X MIPA. Hasil validasi kualitas produk oleh materi mendapatkan persentase 95,30\% dengan kategori valid dengan kriteria Sangat Baik (SB), ahli media mendapatkan persentase 97,50\% dengan kategori valid dengan kriteria Sangat Baik (SB), dan penilaian dari guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 92,60\% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul interaktif direspon positif oleh peserta didik dengan persentase 99,28\%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kosep mol.} }