eprintid: 58827 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/88/27 datestamp: 2023-05-23 03:27:54 lastmod: 2023-05-23 03:27:54 status_changed: 2023-05-23 03:27:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zulfa Nur Rokhisa, NIM.: 18106000019 title: ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: representasi matematis; soal cerita himpunan; tipe kepribadian note: Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, idealist, dan rational. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A dan VII B MTs Negeri 2 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian tes tipe kepribadian, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan representasi visual yaitu menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah pada soal (A), indikator kemampuan representasi simbolik yaitu membuat persamaan atau model matematis (B1), menyelesaikan masalah himpunan menggunakan persamaan atau model matematis yang telah dibuat (B2), serta indikator kemampuan representasi verbal yaitu menuliskan interpretasi dari representasi simbolik (C1), menuliskan interpretasi dari representasi visual (C2), dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah himpunan dengan kata-kata (C3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan tipe kepribadian guardian mampu memenuhi indikator A, B1, B2, dan C1, kurang mampu memenuhi indikator C2, serta tidak mampu memenuhi indikator C3; (2) siswa dengan tipe kepribadian artisan mampu memenuhi indikator A dan C3 serta tidak mampu memenuhi indikator B1, B2, C1, dan C2; (3) siswa dengan tipe kepribadian idealist mampu memenuhi indikator A, B1, C1, dan C2, serta kurang mampu memenuhi indikator B2 dan C3; (4) siswa dengan tipe kepribadian rational mampu memenuhi indikator A, B1, B2, dan C1, serta tidak mampu memenuhi indikator C2 dan C3. date: 2023-03-17 date_type: published pages: 391 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zulfa Nur Rokhisa, NIM.: 18106000019 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58827/1/18106000019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58827/2/18106000019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf