%0 Thesis %9 Skripsi %A Lusiana Anggraini, NIM.: 17104080079 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F digilib:58829 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K orangtua; slow learner; Pandemi covid-19 %P 212 %T PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK SLOW LEARNER METODE DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI TERBANSARI 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58829/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing anak slow learner di masa pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi oleh orang tua dalam membimbing anak slow learner di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini ialah metode penelitain yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti merupakan instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam membimbing anak slow learner metode daring di SD Negeri Terbansari 1 Yogyakarta di masa pandemi covid-19 ini ialah dapat berperan sebagai (1) pendidik, (2) pembimbing, (3) motivator, dan (4) fasilitator. %Z Pembimbing: Sigit Prasetyo,S.Pd.i.,M.Pd.Si.