eprintid: 58834 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/88/34 datestamp: 2023-05-24 04:47:53 lastmod: 2023-05-24 04:47:53 status_changed: 2023-05-24 04:47:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Alfiah Nursangadah Kritia Saputri, NIM.: 21204081038 title: METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN OKU TIMUR ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: guided note taking; keterampilan menyimak; menulis note: Pembimbing: Dr. Hj Istiningsih, M.Pd. abstract: Keterampilan menyimak dan menulis sangat penting untuk dikuasai oleh setiap siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia harus menekankan agar siswa dapat menguasai kedua keterampilan tersebut dengan baik sehingga dapat mendukung keberhasilan dalam penguasaan keterampilan berbahasa lain seperti membaca dan berbicara. Namun, selama ini pengajaran keterampilan menyimak dan menulis belum mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diharapkan sehingga perlu dicobakan metode Guided Note Taking. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan true exsperiment desain Pretest-Posttest Control Group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas 98 siswa dan terbagi dalam tiga kelas. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik probability sampling yaitu siswa kelas IV-B dan kelas IV-C yang berjumlah 68 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes (pretest-posttest), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik yaitu menggunakan independent sample t test berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh metode Guided Note Taking terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur dengan nilai thitung 3,862 dan nilai ttabel2,000 sehingga nilai thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kedua, terdapat pengaruh metode Guided Note Taking terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur dengan nilai thitung 5,094 dan nilai ttabel 2,000 sehingga nilai thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga, metode Guided Note Taking memiliki pengaruh yang tinggi atau kuat terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur dengan nilai Effect Size (Cohen’s d) sebesar 0,85 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi dan memiliki pengaruh yang tinggi atau kuat terhadap peningkatan keterampilan menulis pada siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten OKU Timur dengan nilai Effect Size (Cohen’s d) sebesar 1,05 yang berada pada kriteria 0,80 d 2,00 dengan interpretasi tinggi. date: 2023-04-11 date_type: published pages: 274 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Alfiah Nursangadah Kritia Saputri, NIM.: 21204081038 (2023) METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA KABUPATEN OKU TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58834/1/21204081038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58834/2/21204081038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf