%0 Thesis %9 Masters %A Bagas Ilham Yudhiyantoro, NIM.: 21204011041 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2023 %F digilib:58853 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Fikih Perempuan, Karakter Religius, Santriwati %P 189 %T IMPLIKASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH PEREMPUAN PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH TAHFIDZUL QUR’AN SRUMBUNG MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58853/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi moral dan akibatnya berdampak pada karakter religius santriwati yang kurang optimal di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung, contohnya banyaknya kasus santriwati yang kabur tanpa sepengetahuan pengurus asrama, kurangnya perhatian santriwati pada kegiatan asrama dan adanya kasus bullying terhadap sesama santriwati. Permasalahan ini diatasi dengan pembelajaran fikih perempuan yang diadakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung. Bagaimana pembelajaran Fikih perempuan dijadikan alternatif solusi, dan bagaimana implikasinya terhadap pembentukan karakter religius santriwati?. Hal ini yang menjadi titik fokus pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi dan implikasi pembelajaran fikih perempuan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung terhadap pembentukan karakter religius santriwati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat kualitatif, dengan subjek wawancara meliputi pimpinan pondok, ustadzah fikih perempuan dan santriwati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahapan kesimpulan. Keabsahan data digunakan credibility (validitas internal) yang meliputi triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Konsep pembelajaran fikih perempuan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung disusun dengan perumusan tujuan dan program yang baik meskipun tidak menggunakan silabus dan RPP pada umumnya. Pembelajaran fikih perempuan dilaksanakan dengan menggunakan Kitab Fiqhus Sunnah Lin Nisā. Kitab ini menjadi acuan pembelajaran fikih perempuan dikarenakan bahasanya yang mudah serta dilengkapi dengan dalil yang memadai. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan pemilihan metode yang tepat di setiap sub kajian. 2) Implementasi pembelajaran fikih perempuan dilaksanakan di kelas dan melalui program asrama dengan strategi pembentukan karakter religius santriwati meliputi habituasi/pembudayaan, moral knowing, merasakan dan mencintai yang baik, moral acting, moral modelling dan taubat. 3) Implikasi pembelajaran fikih perempuan terhadap karakter religius santriwati mampu membentuk karakter religius yang berkembang dengan baik seiring berjalannya waktu, meliputi dimesi ideologi/keyakinan, dimensi ritualistik/praktik, dimensi intelektual/pengetahuan, dimensi eksperiensial/pengalaman dan dimensi pengalaman/konsekuensi. %Z Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.Ag