eprintid: 58857 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/88/57 datestamp: 2023-05-25 05:36:16 lastmod: 2023-05-25 05:36:16 status_changed: 2023-05-25 05:36:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Faizmailiatus Sofa, S.Pd., NIM.: 21204021021 title: PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Pengembangan, Integrasi, Quantum Learning, Konstruktivisme Sosial, Bahasa Arab note: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, MSI. abstract: Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada keberhasilan atas tercapainya tujuan pembelajaran. Kesalahan dalam memilih metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan demotivasi belajar dalam diri siswa. Hal tersebut juga terjadi di MI NU 12 Lanji. Rata-rata siswa mengalami demotivasi dalam belajar bahasa Arab dan banyak siswa yang tidak bersemangat dalam memperhatikan penjelasan materi selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pemilihan metode pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan siswa. Maka dari itu, tujuan dari adanya kajian ilmiah ini adalah untuk 1) memahami tigkat motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI NU 12 Lanji Patebon Kendal dalam mempelajari bahasa Arab, 2) mengembangkan metode integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial sebagai solusi atas demotivasi tersebut, serta 3) mengetahui bagaimana pengaruh metode tersebut dalam motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) melalui model ADDIE dengan menganalisa kebutuhan, mendisain pembelajaran, mengembangkan produk, mengujicobakan produk dalam kelas, serta mengevaluasi pengembangan produk. Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 20 orang dengan menggunakan angket sebagai penentu penilaian motivasi belajar peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil dari kajian ilmiah ini menunjukkan bahwa 1) motivasi peserta didik awalnya berada pada nilai 45,43% dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial dipilih untuk menciptakan lingkungan sosial belajar yang interaktif, nyaman, dan menyenangkan, 3) pengembangan metode integrasi quantum learning dan konstruktivisme sosial dilakukan dengan menggunakan teknik KACA DEDUS (Kenalkan, Ajak, Contohkan, Atur, Diskusi, Evaluasi, Demonstrasi, Ulangi, Sanjung), 4) setelah metode tersebut dikembangkan dan diimplementasikan, terjadi peningkatan motivasi yang tadinya 45,43% menjadi 95,08% dalam belajar bahasa Arab. date: 2023-03-29 date_type: published pages: 177 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Faizmailiatus Sofa, S.Pd., NIM.: 21204021021 (2023) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN INTEGRASI QUANTUM LEARNING DAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI LANJI PATEBON KENDAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58857/1/21204021021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58857/2/21204021021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf