<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza"^^ . "Penafsiran al-‘ibad al-rahman dalam Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 yang atomistik\r\nberimplikasi pada pemahaman dan keagamaan yang tidak demokratis. Hal ini\r\ndisebabkan interpretasi yang melepaskan kesatuan dan konteks ayat sehingga hanya\r\nmenyentuh pada ruang personalitas hamba secara individual dan tidak berperan\r\ndalam kehidupan sosial khususnya pada konteks kebangsaan dan demokrasi.\r\nPenafsiran yang mempertimbangkan kesatuan dan konteks ayat dapat\r\nmenghasilkan produk interpretasi yang kontekstual dan dapat menjawab berbagai\r\npersoalan realitas kontemporer. Berangkat dari argumentasi tersebut penelitian ini\r\nberupaya untuk menghadirkan penafsiran yang dinamis dan kontekstual terhadap\r\nQ.S. Al-Furqān [25]: 63-75 dengan menjaga keutuhan ayat dan mendudukkannya\r\ndalam realitas sosial. Kesatuan ayat yang menjadi objek material mengandung\r\nkonsep al-‘ibad al-rahmān dengan seluruh karakteristiknya sebagai pokok bahasan\r\nuntuk dilihat melalui perspektif Ma’nā-Cum-Maghzā Sahiron Syamsuddin.\r\nPenelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) dengan model interaktif\r\nmenurut Matthew B. Miles dan Michael Hubberman dalam melakukan analisis\r\ndata. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang sesuai dengan metodologi\r\nMa’nā-Cum-Maghzā yaitu bagaimana bentuk makna historis, bagaimana bentuk\r\nsignifikansi fenomenal historis, dan bagaimana bentuk signifikansi fenomenal\r\ndinamis. Adapun hasil penelitian mencakup tiga hal; pertama, kata kunci yang\r\ndianalisis secara linguistik menunjukkan hamba yang dimaksudkan dalam al-‘ibad\r\nal-rahmān cakupan yang tidak terbatas pada personalitas seorang hamba dengan\r\nkarakteristiknya. Kedua, kesatuan ayat yang mengandung nilai moralitas dalam\r\nkonteks historisnya sebagai jawaban atas kemunduran aspek moralitas dalam\r\nperadaban masyarakat Arab waktu itu. Signifikansi historis setidaknya ada dua\r\nmacam yaitu, hamba yang diidentifikasi memiliki cakupan yang lebih luas dan\r\nmendapatkan kehormatan karena memenuhi seluruh karakteristiknya secara\r\nkonsisten tanpa terbatas pada spasial dan temporalitasnya, serta tidak ditekankan\r\npada identitas agama tertentu namun menunjukkan sisi substansial dalam\r\nspiritualitas kepada Tuhan. Karakteristiknya digambarkan sikap berjalan sederhana\r\ndengan damai dan tenang, totalitas ibadah, sikap pengharapan atas rasa takut,\r\npengeluaran harta sesuai kebutuhan, tidak menyekutukan Tuhan, tidak membunuh,\r\ntidak berzina, sikap tidak terlibat dalam kebohongan, sikap tidak menutup diri dari\r\nkebenaran, sikap berharap kepada Tuhan sebuah karunia terhadap keluarga dan\r\nmenjadi pemimpin yang memberikan keteladanan. Ketiga, pengembangan dinamis\r\nyang dilihat secara ontologis, epistemologis, dan aksiologis menunjukkan bahwa\r\nkonsep al-‘ibad al-rahmān bisa diarahkan dalam aspek kewarganegaraan baik itu\r\nsebagai masyarakat politik maupun masyarakat sipil. Sedangkan karakteristik dari\r\nkonsep al-‘ibad al-rahmān dapat juga diarahkan untuk menunjukkan bagaimana\r\nberagama yang esensial dengan lima prinsip ideal prinsip substansial, pluralistik,\r\nintegratif, kolektif, etika. Epistemologi Islam sentral-eklektik mempertimbangkan\r\norientasi beragama dalam kerahmatan dan kedamaian, keterbukaan dan komitmen\r\nkemanusiaan, fleksibilitas, adaptif-eklektik, solidaritas sosial, dan kesadaran etis.\r\nKorelasi antara konsep al-‘ibad al-rahman dengan demokrasi dalam konseptualnya\r\nberkaitan pada tiga landasan yaitu kebebasan, keadilan, non-dominasi, dan etika."^^ . "2023-01-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20205032022"^^ . "Ahmad Tsaaqib"^^ . "NIM.: 20205032022 Ahmad Tsaaqib"^^ . . . . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Text)"^^ . . . . . "20205032022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Text)"^^ . . . "20205032022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Penafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #58860 \n\nPenafsiran atas Q.S. Al-Furqan [25]: 63-75 Perspektif Ma’na- Cum-Maghza\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .