eprintid: 5888 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/58/88 datestamp: 2013-02-06 09:41:38 lastmod: 2015-10-13 02:27:39 status_changed: 2012-05-04 16:48:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUKHOTIB - NIM. 05140063, title: DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: problem-based learning, perpustakaan note: Pembimbing: Sri Rokhyanti Zulaika, SAg, SIP, MSi. abstract: Pendidikan kedokteran dan kesehatan merupakan pendidikan yang dinamis dengan model pembelajaran yang lebih menekankan pada peran aktif mahasiswa. Metode belajar berdasar permasalahan (problem-based learning) telah sepenuhnya diterapkan di Fakultas Kedokteran sejak 2003 pada Program Pendidikan Kedokteran. Sistem pembelajaran ini memerlukan dukungan fasilitas belajar seperti perpustakaan yang memadai karena mahasiswa akan lebih banyak melakukan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai bagaimana dukungan Unit Perpustakaan dan Informatika terhadap perkuliahan mahasiswa kedokteran yang menerapkan metode pembelajaran problem-based learning. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif. Metode dan teknik pengumpulan data memakai kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat dukungan memakai skala Likert. Angka hasil pengukuran, dijumlahkan, diprosentase. Hasil prosentase tersebut ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Variabel dukungan dibagi dalam enam variabel yaitu gedung, bahan pustaka, layanan, sumber daya manusia, fasilitas web, dan pendidikan pemakai. Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan unit perpustakaan dan informatika terhadap perkuliahan mahasiswa yang menerapkan metode pembelajaran PBL di Fakultas Kedokteran UGM, memiliki hasil skor 75,73 yang berarti memberikan dukungan cukup, dengan rincian indikator gedung perpustakaan memiliki skor 82,55 yang berarti baik, indikator bahan pustaka skor 60,10 berarti cukup, indikator layanan skor 68,98 berarti cukup, indikator sumber daya manusia skor 77, 51 berarti baik, indikator fasilitas web skor 84,96 berarti baik, indikator pendidikan pemakai skor 80,30 berarti baik. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan agar perpustakaan melakukan peningkatan kelembagaan dengan rencana dan dukungan semua pihak dalam lingkup fakultas untuk meningkatkan capaian di waktu-waktu yang akan datang. date: 2011-03-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-03-31 13:51:28 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--mukhotibni-5668-1-mukhotib-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/114/digilib-uinsuka--mukhotibni-5668-1-mukhotib-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6290 ; nama file lama : MUKHOTIB - NIM. 05140063 DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1219380 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUKHOTIB - NIM. 05140063, (2011) DUKUNGAN UNIT PERPUSTAKAAN DAN INFORMATIKA KEDOKTERAN TERHADAP PERKULIAHAN MAHASISWA KEDOKTERAN YANG MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UGM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5888/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5888/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf