%0 Thesis %9 Skripsi %A RINA HANDAYANI - NIM. 08141157, %B Fakultas Adab %D 2011 %F digilib:5898 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K pemanfaatan koleksi, perpustakaan sekolah %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 SURAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5898/ %X Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi siswa dalam memanfaatkan koleksi buku di Perpustakaan SMK Negeri 1 Surakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian adalah seluruh pengguna perpustakaan atau siswa SMK Negeri 1 Surakarta. Obyek penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan SMK Negeri 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan prosentase. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan SMK Negeri 1 Surakarta termasuk dalam kategori tinggi (68,87 %) pada interval (51%-75%). Total skor rata-rata pada faktor internal sebesar 38,36 (68,50%), total skor rata-rata pada faktor eksternal sebesar 28,51 (64,79%). Kesimpulan akhir bahwa sebagian besar siswa SMK Negeri 1 Surakarta telah memanfaatkan koleksi buku di Perpustakaan SMK Negeri 1 Surkarta. Namun agar siswa lebih memanfaatkan perpustakaan diharapkan pihak sekolah agar terus mendorong siswa-siswanya untuk memanfaatkan perpustakaan dengan sebaikbaiknya, serta menciptakan adanya suasana yang kondusif untuk belajar di ruangan perpustakaan dan memberikan tambahan anggaran untuk pembelian buku-buku baru untuk menambah koleksi buku-buku mereka guna memenuhi kebutuhan dan keinginan siswa. %Z Pembimbing: Drs. Djazim Rohmadi, M.Si.