@mastersthesis{digilib59023, month = {January}, title = {PENCAPAIAN KEBAHAGIAAN HIDUP MENURUT GURU SDN KERTIREJO PERSPEKTIF KAWRUH JIWA KI AGENG SURYOMENTARAM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 18200010237 Atik Ma?rifatun Afifah}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag.}, keywords = {kebahagiaan; guru SDN; KAS: Kawruh Jiwa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59023/}, abstract = {Penelitian ini dilatar-belakangi dari ketertarikan penulis terhadap kebahagiaan yang menjadi goals bagi kebanyakan orang. Teori kebahagiaan yang dilihat dari prespektif Ki Ageng Suryomentaram. Beliau termasuk pangeran Yogyakarta yang tidak mau menyandang gelar pangerannya. Lebih memilih hidup berkelana dan sederhana. Hingga mencipta sebuah karya kitab Kawruh Jiwa, dijadikan rujukan kebanyakan orang untuk meraih kebahagiaan. Beliau disebut bapak psikologi jawa, psikologi humanistik, dan psikologi nusantara. Kebahagiaan universal yang dapat dirasa oleh kebanyakan orang tanpa melihat strata sosial. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan ingin mengetahui pencapaian kebahagiaan guru SDN Kertirejo Yogyakarta ketika menjalankan tugas sebagai pendidik, baik di sekolah dan di lingkungan rumah. Dengan berbagai macam permasalahan yang ditemui di kehidupannya, seperti KBM yang dilaksanakan secara online dan tatap muka secara bertahap pada masa pandemic covid-19 yang tentunya mengalami penyesuaian yang berubah-ubah. Dinamika pencapaian Kebahagiaan, indikator pencapaian Kebahagiaan serta faktor yang mengkonstruksi kebahagiaan menurut guru SDN Kertirejo. Penelitian ini termasuk dalam metode kualitatif?dekriptif, dengan pendekatan psikologi indegenous. Teknik pengumpulan data melibatkan adanya kunjungan penjajakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan tiga rangkaian yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi-kesimpulan. Penelitian ini juga melibatkan 3 (tiga) informan yang menjadi pendidik di SDN Kertirejo Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pandangan kebahagiaan guru SDN Kertirejo berorientasi dari kehidupan yang dijalani di lingkungan sekolah dan rumah. Kedua, indikator pencapaian Kebahagiaan meliputi: tatag, sesrawung dan jiwa pamomong. Ketiga, dinamika Kebahagiaan melibatkan proses bungah-susah, mulur mungkret, raos sami, raos langgeng dan nyawang karep. Keempat, faktor yang mengkonstruksi kebahagiaan guru SDN Kertirejo yaitu dengan melakukan 3 (tiga) olah gerak (olah raga, olah pikir dan olah rasa) yang berkaitan dengan semat, drajat dan kramat. Serta menghasilkan olah gerak yang mempunyai relasi antara sosial dan ranah spiritual.} }