relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59041/ title: PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA creator: Dwi Wijatiningsih, S.Hum, NIM.: 18200010228 subject: Ilmu Perpustakaan dan Informasi subject: Kepemimpinan Dalam Islam subject: Kyai - Ustadz - Guru description: Riset ini bertujuan untuk mengenali alasan Sekolah Tumbuh Yogyakarta menerapkan konsep teacher librarian di perpustakaan sekolah, apa saja keterlibatan pimpinan dalam penerapan konsep teacher librarian di Sekolah Tumbuh, serta peran pustakawan dalam konsep teacher librarian di Sekolah Tumbuh Yogyakarta di analisis dengan teori fungsionalme struktural. Riset ini memakai metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, forum grup diskusi dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yakni data diambil dari orang yang mengetahui dan memiliki informasi pokok mengenai topik penelitian, dalam hal ini adalah koordinator teacher librarian, teacher librarian, dan perwakilan guru-siswa (CSIE Sekolah Tumbuh) Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknis dan sumber serta melakukan member check. Penelitian ini memiliki hasil: (1) Sekolah Tumbuh Yogyakarta yang memiliki Perpustakaan Sekolah menerapkan konsep teacher librarian tujuan agar dapat menjadi learning resource untuk seluruh pemustaka Sekolah Tumbuh dan agar dapat menjalankan peran sebagai pustakawan guru, mitra guru kelas, dan spesialis informasi, (2) keterlibatan TL teacher librarian dalam konsep teacher librarian adalah merancang kebijakan literasi dan peran teacher librarian dalam proses perencanaan, merealisasikan kurikulum literasi yang menjadi dasar acuan dalam pembuatan program, pembuatan RPP sebagai dasar dalam program kerja yang akan dijalankan, mengkoordinasi pembuatan RPP yang mengacu pada kebijakan dan kurikulum yang ada, mengkontrol alur yang telah dilakukan dengan cara mengadakan evaluasi dilakukan setiap sebulan sekali, (3) kolaborasi antara pustakawan dan guru adalah hal yang utama dilakukan dalam penerapan konsep teacher librarian. Dimana pustakawan yang berperan sebagai teacher librarian dibantu oleh seorang educator yang pada dasarnya memiliki keahlian dalam mengajar atau memiliki latar belakang sebagai seorang pendidik. date: 2022-12-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59041/1/18200010228_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59041/2/18200010228_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Dwi Wijatiningsih, S.Hum, NIM.: 18200010228 (2022) PENERAPAN KONSEP TEACHER LIBRARIAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME STRUKTURAL DI SEKOLAH TUMBUH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.