%A NIM.: 19106060032 Muhammad Azyumiardi Azra %O Pembimbing: Dr. Yandra Rahadian Perdana, S.T., M.T. %T MINIMASI BULLWHIP EFFECT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERAMALAN PERMINTAAN STUDI KASUS (PT. LSI) %X PT LSI (samara) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi makanan. Salah satu varian rasa unggulan dari PT LSI adalah mie instan. Bullwhip Effect (BE) adalah distorsi informasi yang akan menyebabkan banyak masalah seperti ketidakseimbangan antara permintaan dan produksi. Varian rasa GS dan varian rasa ITGR yang memiliki dampak yang signifikan dengan total penjualan selama tahun 2022 sebesar 29% dan 23% dari 70 jenis lainnya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi digunakan metode peramalan permintaan Moving Average, Double Moving Average, Weighted Moving Average (WMA), Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing yang divalidasi menggunakan Mean Absolute Deviation (MAD) untuk mengetahui nilai galat. Metode peramalan permintaan WMA memiliki nilai MAD terkecil yaitu 6.651,63 pada varian rasa GS dan 4.927,49 pada varian rasa ITGR. Hasil peramalan metode WMA dibandingkan dengan total penjualan aktual selama tahun 2022 untuk dihitung nilai BE. Pada varian rasa GS menghasilkan nilai BE sebesar 0,51 dan varian rasa ITGR menghasilkan nilai BE sebesar 0,36. Nilai BE kurang dari 1 menunjukkan kinerja PT LSI belum optimal karena jumlah yang diproduksi kurang dari kebutuhan konsumen. Penyebab BE yang terjadi di PT LSI adalah proses produksi yang tidak target produksi ataupun ketidakakuratan peramalan permintaan sehingga PT LSI tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen. %K Bullwhip Effect, Metode Peramalan Permintaan, Weighted Moving Average, Mean Absolute Deviation. %D 2023 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib59045