%0 Thesis %9 Skripsi %A Elistia, NIM.: 19102040040 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2023 %F digilib:59092 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Total Quality Management (TQM); mutu pelayanan; PT. Freshnel Kreasindo Perkasa %P 156 %T IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN JEMAAH UMRAH DI PT. FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59092/ %X Penelitian ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi Total Quality Management dalam meningkatkan mutu pelayanan jemaah umrah yang dilakukan oleh PT. Freshnel Kreasindo Perkasa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi metode pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT. Freshnel Kreasindo Perkasa sudah mengimplementasikan Total Quality Management dengan cukup baik jika dibuktikan dengan adanya sepuluh karakteristik TQM yang diterapkan kepada jemaah. Namun ada hal yang belum terpenuhi, seperti belum tersedianya dokter khusus untuk mendampingi jemaah selama melaksanakan ibadah umrah di PT. Freshnel Kreasindo Perkasa. Dalam hal ini seorang dokter sangat dibutuhkan untuk mendampingi jemaah selama beribadah karena perbedaan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi sangat ekstrem, dan kerap membuat banyak jemaah Indonesia mudah terserang penyakit, kemudian perusahaan dapat mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, sehingga dapat diantisipasi oleh perusahaan ketika jemaah terkena penyakit dengan menyediakan dokter khusus untuk jemaah. %Z Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.