@phdthesis{digilib59202, month = {March}, title = {ANALISIS PERBEDAAN OMSET UMKM SEBELUM DAN SETELAH MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DI PASAR TRADISIONAL GEDE SOLO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20108010028 Fatimah Zahra Mufidah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Abdul Qoyum, S.E.I, M.Sc.Fin}, keywords = {QRIS; Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); sistem pembayaran; keberhasilan usaha.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59202/}, abstract = {Adanya teknologi berupa QRIS di Pasar Gede Solo ini dapat meningkatkan kemudahan bagi konsumen dalam bertransaksi sehingga berpengaruh positif terhadap omset penjualan yang diterima oleh merchant khususnya pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan omset penjualan bagi UMKM sebelum dan sesudah menggunakan QRIS apakah mengalami perbedaan atau tidak. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1005 pedagang yang menggunakan QRIS di Pasar Gede Solo. Ukuran sampel yang digunakan sebesar 91 UMKM pengguna QRIS dengan menggunakan metode snowball sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara berdasarkan kuisioner sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan omset penjualan sebelum dan sesudah penggunaan QRIS. Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -8,252 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesisnya adalah H0 ditolak. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa dengan adanya penggunaan QRIS pada UMKM memberikan peningkatan yang positif terhadap omset penjualan yang diterima oleh UMKM.} }