eprintid: 59217 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/92/17 datestamp: 2023-06-22 08:33:07 lastmod: 2023-06-22 08:33:07 status_changed: 2023-06-22 08:33:07 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Elbina Firdos, NIM.: 19102040116 title: STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH DI PT FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M subjects: man_haj subjects: man_perus divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: public relations; citra; kepercayaan; PT Freshnel Kreasindo Perkasa note: Pembimbing: Dr. Andy Dermawan, M.Ag abstract: Penelitian ini membahas pentingnya strategi public relations diera partumbuhan bisnis yang semakin pesat khususnya di bidang biro travel haji dan umrah, yang mana menimbulkan masalah baru berupa menjamurnya kasus penipuan. Kasus-kasus tersebut membawa kekhawatiran bagi calon jemaah untuk memilih dan mempercayai biro travel haji dan umrah lainnya. Pada praktiknya PT Freshnel Kreasindo Perkasa Yogyakarta melakukan strategi agar terus dapat berdiri kokoh ditengah persaingan bisnis dan maraknya kasus penipuan sehingga citra perusahaan dan kepercayaan konsumen dapat terus terbangun dan terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations dalam membangun citra perusahaan dan kepercayaan calon jemaah haji dan umrah di PT Freshnel Kreasindo Perkasa Yogyakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi PENCILS yang dikembangkan oleh Rosady Ruslan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan analisis data lapangan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions drawing/verification). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa PT Freshnel Kreasindo Perkasa menerapkan strategi PENCILS dalam membangun citra dan kepercayaan calon jemaah haji dan umrah dengan baik, adapun strategi PENCILS tersebut berupa publications, events, news, community involvement, inform or image, lobbying and negotiating, dan social responsibility. date: 2023-04-17 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Elbina Firdos, NIM.: 19102040116 (2023) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH DI PT FRESHNEL KREASINDO PERKASA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59217/1/19102040116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59217/2/19102040116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf