@phdthesis{digilib59236, month = {May}, title = {MANAJEMEN PELAYANAN PENCATATAN NIKAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19102040085 Dhica Sarah Sae}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Aris Risdiana S. Sos I. MM}, keywords = {manajemen pelayanan; pencatatan nikah; Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59236/}, abstract = {Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya manajemen pelayanan pada sebuah organisasi pelayanan. Pelayanan yang baik dan berkualitas tidak terlepas dari manajemen pelayanan yang baik. Manajemen menjadi kunci dalam penyelenggarakan pelayanan publik dikarenakan pelayanan publik merupakan tujuan sekaligus output dari sebuah organisasi atau kantor pelayanan publik. Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Oleh karena itu pelayanan yang diberikan haruslah baik dan sesuai. Walaupun di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sleman belum dilakukan revitalisasi, hendaknya harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Untuk memenuhi beberapa hal itu diperlukan manajemen pelayanan guna mengatur dan menyesuaikan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk uji keabsahan data digunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen? pelayanan? khususnya? pada? pelayanan? pencatatan? nikah? di? Kantor? Urusan?Agama? Kecamatan? Sleman? telah? berjalan? dan? pelaksanaan? pelayanan? terkhusus? pada? pelayanan? pencatatan? nikah? telah? menerapkan? manajemen? pelayanan? dengan? baik.? Hal? ini? terbukti? dari? telah? terbentuknya? model? manajemen? pelayanan.? Model? manajemen? pelayanan? di? Kantor? Urusan? Agama? Kecamatan? Sleman? telah? terbentuk? karena? adanya? interaksi? dan? terpenuhinya? empat? hal? yakni:? sistem? pelayanan? yang? mementingkan? pengguna? jasa,? kultur? pelayanan? dalam? organisasi? penyelenggara? pelayanan,? sumber? daya? manusia? pelayanan? yang? berorientasi? kepada? pengguna? jasa,? dan? berfungsinya? mekanisme? voice.} }