@phdthesis{digilib59240, month = {May}, title = {ANALISIS WACANA KRITIS KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM CHANNEL YOUTUBE SHERLY ANNAVITA RAHMI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19102010016 Agustina Setiyawati}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A.}, keywords = {Media YouTube, Komunikasi Persuasif, Sherly Annavita Rahmi.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59240/}, abstract = {Era globalisasi media saat ini, kehadiran media sosial memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat, khususnya pada anak muda. Media sosial juga banyak melahirkan mikro-selebriti, seperti selebgram, youtuber, tiktoker, blogger, dan lain sebagainya. Salah satunya yaitu Sherly Annavita Rahmi melalui channel YouTubenya. Channel YouTube Sherly Annavita Rahmi merupakan channel YouTube yang selalu mengangkat topik pembahasan yang relate dengan masalah yang terjadi sekarang. Salah satunya pada segmen ?AdaApa?? tentang bagaimana untuk bertumbuh dan berkembang di era globalisasi media yang serba cepat dan canggih. Dalam segmen ini juga selalu mengangkat permasalahan berbeda, yang masing-masing videonya menyesuaikan keadaan sosial terkini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana komunikasi persuasif channel YouTube Sherly Annavita Rahmi dalam segmen ?AdaApa??. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis wacana milik Teun A. van Djik, dan pendekatan paradigma kritis. Hasil penelitian ini yaitu terdapat wacana komunikasi persuasif pada setiap video yang penulis amati, diantaranya maraknya kasus insecurity yang terjadi pada anak muda saat pandemi Covid-19, ketakutan orang-orang untuk berubah meninggalkan zona nyaman dan kesulitan untuk tetap konsisten, problematika pendidikan di Indonesia dan stigma negatif masyarakat tentang kuliah, dan maraknya quarter life crisis yang terjadi pada remaja Indonesia. Sherly menggunakan teknik komunikasi persuasif milik Willian S. Howel, yaitu putting it up to you, reassurance, the yes response, of irritation, dan milik Onong Effendy, yaitu asosiasi, integrasi, ganjaran atau pay off technique, red herring, icing atau tataan.} }