eprintid: 59296 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/92/96 datestamp: 2023-06-27 02:42:54 lastmod: 2023-06-27 02:42:54 status_changed: 2023-06-27 02:42:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Naufal Fa’iqurrahma Ramadhani, NIM.: 19102040095 title: STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: man_haj divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: Promosi, Umrah, Jama'ah Umroh note: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, S. Pd., M.Si abstract: Fenomena yang terjadi permintaan umat muslim di Indonesia melaksanakan ibadah umrah meningkat, sehingga membuka peluang usaha bagi biro atau travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Akan tetapi, banyaknya muncul biro atau travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah membuat persaingan ketat dalam usaha, sehingga biro atau travel penyelenggara perjalanan umrah dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam melakukan kegiatan strategi promosinya agar perusahaan bisa bertahan pada usahanya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan jumlah calon jemaah umrah di Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta sesuai dengan teori bauran promosi atau elemen-elemen promosi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data dengan melakukan pengecekan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta menerapkan teori bauran promosi atau elemen-elemen promosi. Dalam strategi promosi untuk meningkatkan jumlah calon jemaah umrah di Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta, mencakup pelaksanaan strategi promosi seperti meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal fasilitas, memberikan dan membantu proses pelayanan dari sebelum pemberangkatan sampai pasca umrah, dan full bimbingan ibadah umrah, kemudian menerapkan bauran promosi atau elemen-elemen promosi yaitu periklanan (advertising) melalui brosur dan media sosial, promosi penjualan (sales promotion) dengan memberikan diskon, cashback dan memberikan kuota gratis umrah bagi yang bisa mengajak rekan-rekannya 20 orang, penjualan perseorangan (personal selling) dengan melayani langsung secara tatap muka, serta melakukan callback para alumni jemaah dan hubungan masyarakat (public relations) menciptakan kesan yang baik kepada masyarakat dengan memberi bantuan atau infaq dan melakukan kajian-kajian agama, serta fungsi dan tujuan promosi. Proses strategi promosi yang dilakukan oleh Al Anshor Tours and Travel Yogyakarta untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan dan kualitas produk. date: 2023-06-13 date_type: published pages: 125 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Naufal Fa’iqurrahma Ramadhani, NIM.: 19102040095 (2023) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JEMAAH UMRAH DI AL ANSHOR TOURS AND TRAVEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59296/1/19102040095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59296/2/19102040095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf