TY - THES N1 - Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag. ID - digilib59299 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59299/ A1 - Alfinatun Tsani Oktavianti, NIM.: 19102040110 Y1 - 2023/05/16/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah haji dan terbatasnya kuota haji yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi, sehingga menyebabkan daftar tunggu (waiting list) semakin lama. Fenomena antrian panjang juga terjadi di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen sebagai. Peningkatan pendaftar haji perlu diimbangi dengan peningkatan pelayanan ibadah haji. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pelayanan ibadah haji adalah dengan penerapan Sistem Informasi Manajemen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala seksi, staff dan jemaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi manajemen di Kementerian Agama Kabupaten Kebumen telah diterapkan dengan baik. Kementerian Agama Kabupaten Kebumen telah menerapkan pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 dan menerapkan tiga komponen sistem informasi manajemen serta mampu meningkatkan pelayanan ibadah haji. Adapun rincian penerapan sistem informasi manajemen sebagai berikut. Pertama, dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) telah diterapkan dengan baik, selain itu telah dilaksanakan inovasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi yang disebut dengan Si Lanthing dan jemput bola pembatalan ibadah haji. Kedua, dengan adanya website mampu memberikan informasi pelayanan administrasi ibadah haji. Ketiga, dengan adanya media sosial yang meliputi whatsapp, instagram, youtube dan facebook memudahkan dan mempercepat dalam penyampaian informasi pelayanan ibadah haji yang meliputi pelayanan kesehatan, pelayanan transportasi, pelayanan akomodasi dan pelayanan konsumsi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem Informasi KW - Manajemen KW - Pelayanan Ibadah Haji M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN IBADAH HAJI DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEBUMEN AV - restricted EP - 117 ER -