%A NIM. 05230023 OKI SAPUTRA %O Pembimbing: Siti Syamsiyatun, Ph.D, %T IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT.TELKOM INDONESIA %X ABSTRAK Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial baik itu dalam ruang lingkup internal perusahaan (karyawan) maupun ruang lingkup eksternal perusahaan (konsumen, masyarakat sekitar perusahaan, pendidikan dll). PT. Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosialnya dengan baik. Pelaksanaan tanggung jawab sosial yang telah dilakukan adalah pemberian bantuan bagi masyarakat Dusun Trumpon Kel. Merdikorejo Kab. Sleman Yogyakarta. Selanjutnya penelitian ini memfokuskan terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility PT. Telkom Indonesia dan dampak CSR bagi masyarakat Dusun Trumpon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program CSR PT. Telkom dan bagaimana dampak dari program CSR tersebut bagi masyarakat Dusun Trumpon Kel. Merdikorejo Kab. Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian berdasarkan data empiris, bersifat diskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan data-data fakta yang tampak, apa adanya dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwanya PT. Telkom Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang telah menjadikan CSR sebagai strategi inti dan jantung bisnisnya. CSR PT. Telkom Indonesia di terapkan di Dusun Trumpon dengan program-program sebagai berikut: pemberian dana lunak, pembuatan gardu pandang, pelatihan majemen, pembuatan sarana Ibadah, perlengkapan penunjang posyandu, pembuatan saluran air bersih. Sedangkan untuk dampak yang dirasakan masyarakat Dusun Trumpon terhadap bantuan dari PT. Telkom antara lain : dampak positif (bidang ekonomi : pinjaman dana lunak, mutu buah salak semakin baik, adanya ekspor buah salak. Bidang sosial: desa tujuan wisata, posyandu, sarana TPA dan tempat wudhu) dampak negatif (menjadikan masyarakat ketergantungan, masyarakat gemar untuk berhutang). div %K implementasi, Corporate Social Responsibility CSR), PT. Telkom Indonesia %D 2015 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5934